RENCANA STRATEGIS
SMA NEGERI 4 PAGARALAM
SUMATERA SELATAN
2012 – 2016
PEMERINTAH KOTA
PAGARALAM
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA PAGARALAM
SMA NEGERI 4 PAGARALAM
Jalan Jambat
Balo No.89 Pagaralam
Selatan Telp. 082881404854
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur serta berkat rakhmat
Tuhan Yang Maha Kuasa, akhirnya Rencana Strategis SMA Negeri 4 Pagaralam Tahun 2012-2016, Menuju Pembangunan
Pendidikan Nasional Jangka Panjang 2025, dapat diwujudkan. Insya Allah, berkat
kerja keras semua pihak, Renstra ini akan dapat mengantarkan hasrat Bangsa
Indonesia menjadi Insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif pada Tahun 2025.
Hasrat mulia tersebut, direkomendasikan untuk
ditempuh dalam empat tahapan, dengan periode lima tahunan. Periode 2005-2010 diarahkan
dalam rangka peningkatan kapasitas dan modernitas sistem pendidikan. Periode
2010-1015 adalah peningkatan dan penguatan pelayanan pendidikan pada tingkat
nasional. Periode 1015-1020 adalah penguatan daya saing pada tingkat regional.
Sedangkan periode 2020-2025 adalah penguatan daya saing pada tingkat
internasional.
Renstra SMA Negeri 4 Pagaralam Tahun 2012-2016 ini merupakan bagian dari
upaya untuk mewujudkan hasrat mulia tersebut. Rencana program serta sumber daya
yang tersedia pada periode ini difokuskan kepada: 1) Pemerataan dan perluasan
akses pendidikan; 2) Peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing; serta yang
tidak kalah pentingnya adalah 3) Penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan
citra publik seluruh jajaran pendidikan di pusat dan daerah.
Upaya mewujudkan hal tersebut di atas merupakan suatu
pekerjaan yang sangat berat. Oleh karena itu, diperlukan tekad yang kuat
disertai dengan tindakan yang sungguh-sungguh, mulai dari tingkat pemerintah
pusat, pemerintahan propinsi, pemerintahan kabupaten/kota, satuan pendidikan,
dan unsur masyarakat lainnya.
Akhirnya, kami jajaran SMA Negeri 4 Pagaralam mengharapkan kritik, saran, dan masukan dari
semua pihak, demi suksesnya pelaksanaan seluruh kegiatan yang telah
diprogramkan dalam Renstra ini. Semoga upaya bangsa Indonesia yang mulia ini mendapat
ridho Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin.
Pagaralam, Januari 2012
Kepala Sekolah,
MARDIONO,
S.Pd.,M.Pd.
NIP.
DAFTAR ISI
Halaman
Kata Pengantar.........................................................................
i
Halaman
Pengesahan....................................................................... ii
Daftar
Isi ............................................................................... iii
Daftar
Grafik .......................................................................... iv
Daftar
Tabel................................................................................
v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang .......................................................................... 1
B.
Pengaitan
Program dengan Kegiatan Pokok......................................
2
BAB II DASAR
KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN NASIONAL
A. Amanat UUD 1945, UU Nomor 20
Tahun 2003, dan RPJMN 2004-2009.........
5
B. Visi Departemen Pendidikan
Nasional............................................
7
C. Misi Departemen Pendidikan
Nasional................................................ 10
D. Tata Nilai Departemen
Pendidikan Nasional......................................... 11
BAB III
ANALISIS SITUASI
A. Perspektif Pembangunan Pendidikan
Jangka Menengah.........................
15
1. Perspektif Makro Pembangunan
Pendidikan Nasional.......................
16
2. Pendidikan dan Komitmen Global ............................................ 18
B. Akses Pendidikan....................................................................... 20
C. Mutu Pendidikan........................................................................ 26
D. Tata Kelola Departemen
Pendidikan Nasional....................................... 40
BAB IV KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN NASIONAL
A. Pemerataan dan Perluasan Akses ..................................................... 43
B. Peningkatan Mutu, Relevansi dan
Daya Saing ....................................... 50
C. Penguatan Tata Kelola (Governance), Akuntabilitas, dan
Pencitraan Publik ..... 55
BAB V RENCANA PEMBANGUNAN PENDIDIKAN NASIONAL
JANGKA PANJANG
A. Periode 2005-2010 : Peningkatan Kapasitas dan Modernisasi .................... 65
B. Periode 2010-2015 : Penguatan Pelayanan ......................................... 66
C. Periode 2015-2020 : Daya Saing Regional........................................... 67
D. Periode 2020-2025 : Daya Saing Internasional ..................................... 67
BAB VI RENCANA PEMBANGUNAN PENDIDIKAN NASIONAL
JANGKA MENENGAH (2005-2009)
A.
Program
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)......................................... 71
1.
Pemerataan
dan Perluasan Akses................................................. 71
2.
Peningkatan
Mutu, Relevansi, dan Daya Saing................................... 72
3.
Penguatan
Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 73
B. Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun.................................. 73
1.
Pemerataan
dan Perluasan Akses................................................. 74
2.
Peningkatan
Mutu, Relevansi dan Daya Saing ................................... 75
3. Penguatan Tata Kelola,
Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik ................. 77
C.
Program
Pendidikan Menengah....................................................... 77
1. Pemerataan dan Perluasan Akses................................................ 78
2. Peningkatan Mutu, Relevansi,
dan Daya Saing................................... 79
3. Penguatan Tata Kelola,
Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik ................. 81
D.
Program
Pendidikan Tinggi ........................................................... 81
1. Pemerataan dan Perluasan Akses................................................. 81
2. Peningkatan Mutu, Relevansi,
dan Daya Saing ................................. 82
3. Penguatan Tata Kelola,
Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 84
E. Program
Pendidikan Non Formal...................................................... 85
1.
Pemerataan
dan Perluasan Akses................................................. 86
2.
Peningkatan
Mutu, Relevansi, dan Daya Saing .................................. 88
3.
Penguatan
Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 90
F. Program
Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan .................. 91
1. Pemerataan dan Perluasan Akses................................................. 91
2. Peningkatan Mutu, Relevansi,
dan Daya Saing................................... 92
3. Penguatan Tata Kelola,
Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 92
G. Program Manajemen Pelayanan
Pendidikan.......................................... 93
H.
Program
Penelitian dan Pengembangan Pendidikan................................. 96
1. Pemerataan dan Perluasan Akses................................................. 96
2. Peningkatan Mutu, Relevansi,
dan Daya Saing................................... 96
3. Penguatan Tata Kelola,
Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 96
I. Program Penelitian dan Pengembangan Iptek....................................... 97
J. Program
Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan.............. 97
LEMBAR PENGESAHAN
Rencana kerja sekolah program jangka menengah yang
dituangkan dalam
rencana strategis (Renstra) SMA Negeri 4
Pagaralam disahkan dan dinyatakan
berlaku
penggunaannya dalam kurun waktu Tahun 2012 s.d. 2016
Disahkan di :
Pagaralam
Pada Tanggal
: Januari 2012
Komite Sekolah Kepala
Sekolah
____________________ MARDIONO,
S.Pd.,M.Pd.
NIP.
Mengetahui
Dinas Pendidikan,
Pemuda dan Olahraga
Kota Pagaralam
_______________________________
NIP ………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar