Minggu, 28 Oktober 2012

Renstra SMAN 4 Pagaralam












RENCANA STRATEGIS
SMA NEGERI 4 PAGARALAM
SUMATERA SELATAN
2012 – 2016

PEMERINTAH KOTA PAGARALAM
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA  PAGARALAM
SMA NEGERI 4 PAGARALAM
Jalan  Jambat Balo  No.89  Pagaralam  Selatan Telp. 082881404854

KATA PENGANTAR

                Dengan memanjatkan puji syukur serta berkat rakhmat Tuhan Yang Maha Kuasa, akhirnya Rencana Strategis SMA Negeri 4 Pagaralam  Tahun 2012-2016, Menuju Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang 2025, dapat diwujudkan. Insya Allah, berkat kerja keras semua pihak, Renstra ini akan dapat mengantarkan hasrat Bangsa Indonesia menjadi Insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif pada Tahun 2025.

                Hasrat mulia tersebut, direkomendasikan untuk ditempuh dalam empat tahapan, dengan periode lima tahunan. Periode 2005-2010 diarahkan dalam rangka peningkatan kapasitas dan modernitas sistem pendidikan. Periode 2010-1015 adalah peningkatan dan penguatan pelayanan pendidikan pada tingkat nasional. Periode 1015-1020 adalah penguatan daya saing pada tingkat regional. Sedangkan periode 2020-2025 adalah penguatan daya saing pada tingkat internasional.

                Renstra SMA Negeri 4 Pagaralam  Tahun 2012-2016 ini merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan hasrat mulia tersebut. Rencana program serta sumber daya yang tersedia pada periode ini difokuskan kepada: 1) Pemerataan dan perluasan akses pendidikan; 2) Peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing; serta yang tidak kalah pentingnya adalah 3) Penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik seluruh jajaran pendidikan di pusat dan daerah.

                Upaya mewujudkan hal tersebut di atas merupakan suatu pekerjaan yang sangat berat. Oleh karena itu, diperlukan tekad yang kuat disertai dengan tindakan yang sungguh-sungguh, mulai dari tingkat pemerintah pusat, pemerintahan propinsi, pemerintahan kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan unsur masyarakat lainnya.

                Akhirnya, kami jajaran SMA Negeri 4 Pagaralam  mengharapkan kritik, saran, dan masukan dari semua pihak, demi suksesnya pelaksanaan seluruh kegiatan yang telah diprogramkan dalam Renstra ini. Semoga upaya bangsa Indonesia yang mulia ini mendapat ridho Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin.
                                                                                               
Pagaralam,     Januari 2012
Kepala Sekolah,



MARDIONO, S.Pd.,M.Pd.
NIP.


DAFTAR ISI
Halaman
Kata Pengantar.........................................................................       i
Halaman Pengesahan.......................................................................        ii
Daftar Isi ...............................................................................      iii
Daftar Grafik ..........................................................................      iv
Daftar Tabel................................................................................ v
BAB I   PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang .......................................................................... 1
B.   Pengaitan Program dengan Kegiatan Pokok......................................      2
BAB II  DASAR KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN NASIONAL
A.   Amanat UUD 1945, UU Nomor 20 Tahun 2003, dan RPJMN 2004-2009.........      5
B.   Visi Departemen Pendidikan Nasional............................................      7
C.   Misi Departemen Pendidikan Nasional................................................ 10
D.    Tata Nilai Departemen Pendidikan Nasional......................................... 11
BAB III ANALISIS SITUASI
A.   Perspektif Pembangunan Pendidikan Jangka Menengah.........................    15
1.    Perspektif Makro Pembangunan Pendidikan Nasional.......................    16
2.    Pendidikan dan Komitmen Global ............................................     18
B.   Akses Pendidikan....................................................................... 20
C.   Mutu Pendidikan........................................................................ 26
D.   Tata Kelola Departemen Pendidikan Nasional....................................... 40
BAB IV KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN NASIONAL
A.   Pemerataan dan Perluasan Akses ..................................................... 43
B.   Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing ....................................... 50
C.   Penguatan Tata Kelola (Governance), Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik ..... 55
BAB V RENCANA PEMBANGUNAN PENDIDIKAN NASIONAL JANGKA PANJANG
A.   Periode 2005-2010 : Peningkatan Kapasitas dan Modernisasi .................... 65
B.   Periode 2010-2015 : Penguatan Pelayanan ......................................... 66
C.   Periode 2015-2020 : Daya Saing Regional........................................... 67
D.    Periode 2020-2025 : Daya Saing Internasional ..................................... 67
BAB VI RENCANA PEMBANGUNAN PENDIDIKAN NASIONAL JANGKA MENENGAH (2005-2009)
A.    Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)......................................... 71
1.    Pemerataan dan Perluasan Akses................................................. 71
2.    Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing................................... 72
3.    Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 73
B. Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun.................................. 73
1.    Pemerataan dan Perluasan Akses................................................. 74
2.    Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing ................................... 75
3.    Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik ................. 77
C.    Program Pendidikan Menengah....................................................... 77
1.    Pemerataan dan Perluasan  Akses................................................ 78
2.    Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing................................... 79
3.    Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik ................. 81
D.    Program Pendidikan Tinggi ........................................................... 81
1.    Pemerataan dan Perluasan Akses................................................. 81
2.    Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing  ................................. 82
3.    Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 84
E.  Program Pendidikan Non Formal...................................................... 85
1.    Pemerataan dan Perluasan Akses................................................. 86
2.    Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing .................................. 88
3.    Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 90
F.  Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan .................. 91
1.    Pemerataan dan Perluasan Akses................................................. 91
2.    Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing................................... 92
3.    Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 92
G.   Program Manajemen Pelayanan Pendidikan.......................................... 93
H.   Program Penelitian dan Pengembangan Pendidikan................................. 96
1.    Pemerataan dan Perluasan Akses................................................. 96
2.    Peningkatan Mutu, Relevansi, dan Daya Saing................................... 96
3.    Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan Publik.................. 96
I.   Program Penelitian dan Pengembangan Iptek....................................... 97
J.  Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan.............. 97


LEMBAR PENGESAHAN



Rencana kerja sekolah program jangka menengah yang dituangkan dalam
rencana strategis (Renstra) SMA Negeri 4 Pagaralam  disahkan dan dinyatakan berlaku
penggunaannya dalam kurun waktu Tahun  2012 s.d. 2016








Disahkan di : Pagaralam
Pada Tanggal :       Januari 2012
Komite Sekolah                                              Kepala Sekolah




____________________                                   MARDIONO, S.Pd.,M.Pd.
NIP.





Mengetahui
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga
Kota Pagaralam






_______________________________
NIP ………………………………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar