Minggu, 28 Oktober 2012

pembawa acara



Contoh Naskah Pembawa Acara Pernikahan
 oleh Budi Santoso,S.Pd.

PESTA RESEPSI PERNIKAHAN/PERKAWINAN

Hadirin sekalian yang kami hormati,
Pengantin berdua yang kami sayangi,
Bapak Abdulah Faqih sohibul hajat yang kami hormati,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah dengan tulus ikhlas kita bersama-sama bersuyukur kepada Allah SWT, atas rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya, atas rizki dan karunia-Nya kepada kita semuanya, sehingga dalam malam yang berbahagia penuh barokah ini kita seluruhnya dapat berkumpul bersama-sama mensyukuri sekaligus menyaksikan malam resepsi pernikahan mempelai berdua, ananda Agung Wiranata dan Siti Zulaika.

Hadirin yang berbahagia, pada malam yang berbahagia ini pula, telah kami susun acara resepsi pernikahan ini sebagai berikut :


1. Pembukaan, yang sekaligus telah kami bawakan
2. Pembacaan Kalam Illahi dilanjutkan dengan sari tilawah
3. Sambutan pihak mempelai Pria
4. Sambutan pihak mempelai Wanita
5. Santapan rohani
6. Pembacaan doa
7. Malam ramah tamah
8. Santap malam bersama, dan
9. Penutup

Untuk memanfaatkan waktu, marilah kia mulai saja acara selanjutnya, yakni pembacaan Kalam Illahi dan sari tilawah, yang segera akan dibawakan oleh adik kami berdua nanda Dewi Lestari dengan Ricky Prasetyo. Untuk itu segera saja kami persilahkan nanda berdua tersebut, adik Dewi Lestari dan Ricky Prasetyo kami persilahkan.

***** PEMBACAAN KALAM ILLAHI DAN SARI TILAWAH *****

Hadirin yang kami hormati, sebagaimana layaknya adat kita maka atas nama keluarga mempelai wanita memberikan kesempatan kepada pihak mempelai pria untuk memberikan sekapu sirih, sebagai amanat keluarga menyerahkan pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita. Untuk itu segera saja kami serahkan kepada yang mewakilinya. Yang terhormat wakil keluarga pengantin pria kami persilahkan!

***** SAMBUTAN WAKIL PENGANTIN PRIA *****

Terima kasih Bapak Drs. Widodo yang telah dengan ikhlas penuh kesungguhan telah menyampaikan amanat pengantin pria sekeluarga kepada Bapak Mohammada Amin sebagai orang tua pengantin wanita.
Selanjutnya, kiranya tepat sekali jika segera kesempatan berikutnya kamiserahkan kepada pihak keluarga pengantin wanita, yang dalam hal ini akan diwakili oleh Bapak Mohammad Amin. untuk itu yang terhormat Bapak Mohammad Amin kami persilahkan!

***** SAMBUTAN WAKIL PENGANTIN WANITA *****

Hadirin dan hadirat yana kami muliakan. Sementara pengantin mempelai berdua bersanding menikmati belaian kasih bak raja sehari di singgasana, kami persilahkan hadirin menikmati hidangan yang telah disajikan.
Selanjutnya seiring doa semoga mempelai berdua berbahagia bersama keluarga selamanya di atas ridla Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, marilah sejenak kita jelang acara berikutnya, yakni ceramah agama, sekapur sirih santapan rohani tentang suka dan duka membentuk mahligai bersama bak sebuah bahtera yang senantiasa tidak sepi menerpa dan diterpa gelombang untuk menuju ke pantai impian. Untuk itu hadirin kami persilahkan mencermati dan menghayati ceramah agama yang akan
segera disampaikan oleh Bapak Kyai H. Ali Imron. Selamat mengikuti ceramah agama, dan Bapak Kyai H. Ali Imron yang terhormat kami persilahkan!

***** CERAMAH AGAMA OLEH BAPAK KYAI *****

Terima kasih Bapak Kyai H. Ali Imron, semoga nasehat, petuah dan kajian Bapak tadi dapat dinikmati, dihayati, dan diamalkan tidak saja oleh mempelai berdua saja, namun juga mudah-mudahan dapat diamalkan oleh para hadirin dan hadirat. Amin!
Hadirin yang kami muliakan, agar mendapat syafaat dan berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, maka marilah kita berdoa bersama-sama sekaligus mendoakan semoga pengantin berdua benar-benar hidup sejahtera lahir dan batin selamanya di dunia hingga akhirat, beserta sejawat, keluarga, dan kedua orang tua masing-masing. Untuk itu kami persilahkan Bapak Kyai H. Ali Imron, kiranya berkenan memimpin doa. Bapak Kyai H. Ali Imron kami persilahkan!

***** ACARA PEMBACAAN DOA BERSAMA *****

Terima kasih Bapak Kyai H. Ali Imron. Hadirin yang berbahagia, agaknya pengantin mempelai berdua akan segera memperkenalkan diri kepada hadirin. Sambil menikmati hidangan marilah kita jelang saja acara malam ramah tamah ini dengan memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai yang kemudian dilanjutkan dengan santap malam bersama.

Untuk semuanya itu maka segera kami persilahkan dengan hormat hadirin secara bergantian memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai, kami persilahkan.

***** ACARA PEMBERIAN SELAMAT *****

Sambil menungg selesainya acara pemberian ucapan selamat, maka kami persilahkan hadirin yang sudah selesai menuju ke tempat hidangan yang sudah kami persiapkan. Selanjutnya kami persilahkan hadirin menikmati hidangan tersebut.
Selamat bersantap malam.

***** ACARA SANTAP MALAM BERSAMA *****

Hadirin dan hadirat yang kami muliakan, dengan selesainya seluruh acara demi acara malam resepsi pernikahan nanda mempelai berdua, Siti Zulaika dan Agung Wiranata maka berakhirlah resepsi malam ini. Dengan hormat, kami atas nama keluarga menyampaikan banyak-banyak terima kasih, kami persilahkan hadirin menikmati hidangan hingga selesai.

Atas nama keluarga mempelai berdua, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih, mohon maaf sebesar-besarnya jika saja ada sesuatu dalam resepsi ini yang kurang atau tidak berkenan di hati hadirin dan hadirat.

Terima kasih, Wassalamualaikum wr. wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar